Bayi Kuning


Bayi Kuning 
Sumber: ibu ibu DI

Tanya 
Ipar saya baru saja melahirkan, setelah umur 3 hari, bilirubin bayinya naik jadi 12.8, tapi sudah 4 hari di-blue-light, masih belum turun juga, sempat turun sedikit tapi sekarang naik lagi jadi 12,9 kalau kemungkinan AOB InsyaAllah sudah negative (yang darah ibu&anak berbeda: ibu O ayah A/B/AB) Ibu ada yang punya pengalaman seperti ini tidak yah? Anak saya dulu juga kuning, tapi cuma sehari masuk kotak biru itu. Keponakan saya ini kok bisa lama ya..apakah ada efek samping dari penyinaran ini? Kalau kasus bayi kuning yang sampai harus transfusi darah yang kasusnya bagaimana yah? Maksud saya yang hiperbilirubinnya sudah sampai berapa? [Rth]

Jawab 
Waktu anak saya masih 2 bulan kurang, juga sempat tinggi bilirubinnya, padahal saya juga rajin jemur dia, saya lupa berapa, terus dsa-nya cuma bilang ini pasti kurang matahari, mungkin kalau sama dokter lain pasti anak saya juga di suruh di rawat dan di sinar. tapi waktu itu dsa-nya cuma menyuruh saya, jemur saja kalau bisa lebih lama dari biasanya, jadi saya suka jemur dia sambil menyusui terus jemur sambil telanjang kecuali popok tidak dibuka, terus matanya selalu saya halangin pakai tissue, nah karena waktu itu kita panik jadi kita ambil jalan lain dengan mencoba mencari dokter lain, tapi sama si dokter ini malah di kasih puyer. Saya tidak mau anak saya sudah di kasih obat-obatan jadi saya kembali ke dsa yang pertama. Alhamdulillah setelah hampir seminggu anak saya jadi pinky lagi tadinya kuning mata dan jari-jarinya [Wnd]

Mbak, anak saya ke dua-duanya juga kuning waktu habis lahir. Masing-masing cuma sehari di blue light. Dan atas anjuran seorang suster senior dan atas desakan ibuku, lebih bagus kalau dijemur dipanas matahari pagi antara jam 7-8, atau kalau matahari belum terlalu panas, batas waktu jemur bisa sampai jam 9. Dan satu lagi resepnya, beri ASI terus (sesering/sebanyak mungkin dikasih ASI). Alhamdulillah genap hari ke 4 dirumah sakit anak saya boleh pulang. Terakhir pulang bilirubinnya 11. Dicoba dengan dijemur dan beri ASIsebanyak/sesering mungkin, ini akan membantu menurunkan bilirubinnya. Jangan lupa kalau sudah dirumah, bahkan sampai 1/2 thnpun saya masih menjemur anak-anak, sangat membantu meredakan gejala flue-nya. Pastikan matanya dalam keadaan tertutup waktu sedang diblue light, soalnya saya pernah lihat ada bayi sedang diblue light tapi tutup matanya lepas kemana-mana, karna susternya kurang memperhatikan. efeknya kalo bayi melihat langsung blue light ini, bisa mengalami gangguan mata sampai paling parah kebutaan. Faktanya saya belum pernah tahu. ini hanya dengar-dengar dari orang lain. [Fr]

Coba dijemur saja tiap pagi. kalau dia bukan patogenik (kalau tidak salah sebut) dia akan turun sendiri maksimal dalam 14 hari, tiap hari 15menit - 1 jam jemurnya, bertahap dalam menaikkan waktu jemurnya tapi kalau patogenik dia tidak turun, dan ini yang bermasalah, kan ada hubungannya dengan hepar (hati) makanya kuning, malah bisa pengerasan hati (sclerosis, aduh tau lah istilahnya) saudara saya ada yang anaknya meninggal karena ketidaktahuan [Er] 

Waktu anak saya dilahirkan - sekarang udah 1th 4 bln. Juga kena kuning, ketahuannya disaat harus periksa balik ke dokter untuk imunisasi BCG di hari ke-6. kadar bilirubin-nya 13.7, sempat kaget juga waktu itu dan kebetulan sekali, dalam sehari ada 5 pasien bayi yang bilirubin karena keterbatasan tempat (box untuk blue light) akhirnya tidak di rawat inap. Akhirnya, anak saya hanya dikasih obat 2 macam (tapi terus terang, nama obatnya lupa). Tapi bentuknya kayak bubuk gel warnanya kuning juga wajib berjemur dibawah matahari pagi terus setiap minggu harus di check kadar bilirubin-nya sampai di bawah 9. Minggu kedua, kadar bilirubin-nya hanya turun sedikit, jadi 12.4, terus minggu ke tiga juga tidak turun banyak hanya sampai 10 akhirnya, sampai minggu ke empat baru bisa turun. Prosesnya lama, karena hanya dibantu sinar matahari aja, padahal tidak setiap hari mataharinya bersinar cerah. Jadi, kalau mbak takut keponakannya mengalami efek samping karena blue light, bisa pakai sinar matahari (tapi prosesnya lama).Atau biasanya juga mata-nya suka ditutup kain hitam (pas saya lihat baby yang lain di rumah sakit) [Rn] 

Anak saya waktu lahir bilirubinnya juga tinggi, harus disinar sampai hari ke 5. Alhamdulillah sehat. Mudah-mudahan keponakannya tidak apa-apa ya. [Ftr] 

Kasusnya sama dengan anak saya, golongan darah anak saya O berbeda dari saya & suami. Anak saya sempat masuk NICU 5 hari. Kata DSA untuk anak yang gol darahnya berbeda dengan ibunya perlu waktu lebih lama dari anak yang kuning biasa karena si anak harus berjuang sendiri menghilangkan pengaruh ibunya. Maksudnya pengaruh perbedaan golongan darah. Untuk membantu cepat pulihnya si anak selain di-lue-light juga pemberian ASI yang tetap penting sekali!), kalau bisa jangan diberi susu formula. Ini juga kata DSA. Dia bilang juga, penyinarannya tidak ada pengaruhnya ke anak. Nah, setelah pulang juga masih tetap dijemur pagi hari sampai beberapa hari. Ini pengalaman saya [Uj]

Mudah-mudahan pengalaman saya ini membantu, Anak saya bahkan dulu sudah hiperbilirubin 21.8,dan yang membingungkan hal itu terjadi setelah bayi dibawa pulang sekitar 3 harian. Aku rasa dengan di blue light minimal kita sudah tenang dulu, karena pasti dibawah pengawasan DSA di RS. Karena therapi untuk hiperbilirubin memang itu. Tapi biasanya kalau memang sampai mencapai angka tertentu yang menurut DSA sudah hyperbilirubin sekali seperti kasus anak saya dulu, dia di therapi selain blue light juga dengan infus cairan, saya lupa namanya sebotol kecil sekitar Rp. 1.200.000,- sampai bilirubin normal [Mmk]

Waktu mau pulang dari RS, bilirubin bayi saya 12,8 katanya karna golongan darah saya beda juga dengan anak saya, suami AB, saya O & anak B. Dokter menahan bayi saya pulang, tapi saya nekat saja kata dokter anaknya, boleh pulang, tapi harus rajin disusui & dijemur tiap pagi, min 1/2 jam. 2 hari kemudian disuruh periksa bilirubin ternyata malah naik : 13,8 tapi masih boleh dirawat di rumah 2 hari kemudian disuruh check lagi. Puji Tuhan bilirubinnya sudah turun jadi 10,8 aku sempat takut juga, karna waktu itu musim hujan & pagi-pagi sering mendung, tidak ada matahari, untungnya masih bisa dijemur tiap pagi kalau mengenai transfusi darah untuk hiperbilirubin, kayaknya yang benar bukan transfusi kali ya, saya diterangkan ama dokter anak saya, ada beberapa kasus hiperbilirubin yang pada akhirnya karena tidak turun-turun juga, akhirnya dioperasi bayinya untuk diganti golongan darahnya tapi katanya itu resikonya tinggi juga mungkin itu yang dimaksud, saya juga kurang paham. [Nly]

Memang waktu pertama kali di therapi secara normalnya bilirubin harus Turun meski sedikit (saya lupa bilang tadi) soalnya waktu itu DSA bilang demikian dan anak saya juga divonis jika dalam 24 jam pertama tidak mau turun kadar bilirubinnya maka anak saya akan segera dilakukan tukar darah karena itu mungkin terjadi ketidakcocokan darah(INCOMTABILITY) spt ABO dan lain   sebagainya, jadi darah harus segera ditukar [Mmk]

Kebetulan anak-anak saya waktu lahirnya kuning, masing-masing kadarnya 7.2 dan 7.1, waktu anak pertama, saya tangani sesuai seperti yang dibilang dsa, jemur tiap pagi dan selalu susui ASI, alhamdulillah kurang 2 minggu, anak saya sudah normal lagi. Kalau anak kedua meski dibawah abangnya, sampai rumah kuningnya sudah sampai mata, malah lebih panik anak kedua, selain dijemur/ASI saya sempat minta chek bilirubin lagi, turun cuma 0.1 terus sempat kasih minum puyer oleh dsa-nya. Untuk matanya ada sekitar semingguan tapi kalau badannya hampir lewat sebulan baru kuningnya hilang. Kalau untuk menjawab semua tentang kuning, batas bilirubin, kalau terlalu tinggi kadarnya bagaimana dan lain-lain, coba ke www.tabloid-nakita.com ketik bayi kuning, keluar semua, seputar bayi kuning. [Rhm]

No comments: